Begini Saat Puluhan Mahasiswa Papua Ikut Upacara HUT RI

Sleman – Puluhan mahasiswa asal Papua di Yogyakarta terlibat dalam upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-78, di Lapangan Dengung Sleman, Kamis.

Mereka yang berasal dari sejumlah kampus di Yogyakarta nampak mengikuti detik-detik proklamasi, dengan mengenakan kemeja putih bertuliskan Papua, bersama dengan peserta lainnya.

Berlangsung secara Khidmat, upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 78 di Sleman diikuti ribuan peserta yang terdiri dari berbagai unsur masyarakat.

Salah seorang mahasiswa asal Fak Fak Papua, Ahek Horiq Manaf Iha Samay mengaku sangat antusias sekaligus bangga mengikuti upacara peringatan kemerdekaan ini.

Ahek Horiq mengatakan, keikutsertaan dalam upacara tersebut sebagai komitmen untuk mengaktualisasi nilai-nilai Pancasila. Termasuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam bingkai NKRI.

“Saya ucapkan terimakasih karena sudah difasilitasi sehingga kami bisa berpartisipasi mengikuti upacara untuk memeriahkan HUT kemerdekaan RI ke-78,” katanya terharu.

Selain mengikuti upacara, mahasiswa Papua yang tinggal di Yogyakarta juga melakukan berbagai kegiatan, seperti perlombaan makan kerupuk dan lomba kebersihan lingkungan bersama warga setempat.

“Sangat seru dan ramai, kami senang sekali bisa mengikuti upacara HUT dan memeriahkan kemerdekaan ini,” ucapnya.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa SE, menilai keikutsertaan mahasiswa dari berbagai daerah termasuk Papua pada kegiatan upacara kemerdekaan semacam ini penting guna memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

Pasalnya, bagaimana pun HUT RI merupakan milik semua bangsa. Sehingga setiap mahasiswa dari berbagai daerah bisa ikut serta dalam memeriahkannya.

Lihat juga...