Modelling Rumput Laut di Wakatobi Pengelolaan Langsung oleh Masyarakat

KKP juga akan menyiapkan ekosistem usaha agar rumput laut yang dihasilkan bisa langsung diserap industri pengolahan, sehingga harganya menjadi lebih stabil tidak fluktuatif seperti sekarang.

“Selain sarana prasana dan regulasi untuk modelling ini, KKP juga akan melakukan pendampingan sampai pembudidaya benar-benar mandiri dari sisi produksi. Kemudian di hilir juga kami akan bangun ekosistemnya. Mudah-mudahan ini menjadi sarana lapangan kerja, dan masyarakat bisa sejahtera,” paparnya.

Sementara itu Bupati Haliana memastikan Wakatobi siap menjadi lokasi pembangunan modelling budidaya rumput laut pertama di Indonesia. Penyiapan lokasi modelling terus dimatangkan dengan melibatkan masyarakat pembudidaya rumput laut.

“Pembangunan ini tentunya menjadi kesempatan dan harapan masyarakat karena kalau ini jadi, bukan hanya model tapi harapan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan,” akunya.

Sebelumnya Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyebut terdapat lima lokasi rencana pembangunan modelling budidaya rumput laut di Indonesia. Selain Wakatobi, daerah potensial lainnya adalah Maluku Tenggara, Buleleng, Rote Ndao di Nusa Tenggara Timur, serta wilayah NTB. Wakatobi diplot sebagai lokasi pertama pembangunan modelling tersebut.***

Lihat juga...