Ratusan Relawan Bersihkan 2,5 Ton Sampah di Bantaran Kali Cikeas

KOTA BEKASI – Ratusan relawan dari berbagai komunitas pegiatan lingkungan hidup di Kota Bekasi turun membersihkan bantaran Kali Cikeas di wilayah Kelurahan Jatirangga, Jatisampurna, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu 12 Agustus 2023.

Menjaga alur Kali Cikeas, di Kota Bekasi, Jawa Barat dari ancaman sampah plastik menjadi tanggung jawab bersama. Apalagi ada rencana alur kali Cikeas di wilayah Jatirangga akan menjadi destinasi wisata air seperti rafting.

Ketika itu sudah diterapkan, sungai yang membelah Kota Bekasi dengan Kabupaten Bogor pun bakal memberikan kesejahteraan dari segala sektor termasuk pariwisata.

Setidaknya, ada 200 orang dari berbagai komunitas relawan pencinta lingkungan dan petugas kebersihan, melakukan bersih-bersih Garis Sepadan Sungai (GSS). Beberapa dari dari Tim Katak DLH Kota Bekasi nyemplung ke Sungai membersihkan sampah.

Jalur pembersihan dimulai dari Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Liar di wilayah RW 10 Jatirangga, yang mulai dilakukan pengangkutan terhadap sampah eksisting yang telah lama tertumpuk dengan dalih pengolahan sampah melalui Bank Sampah.

Bersih-bersih sampah itu diinisiasi oleh Lurah Jatirangga Ahmad Apandi, yang selama ini fokus terkait lingkungan hidup dan budaya di wilayah Kranggan Jatisampurna.

Lurah Jatirangga Ahmad Apandi
Lurah Jatirangga Ahmad Apandi

Ahmad Apandi, mengatakan bahwa giat bersih-bersih yang dilaksanakan melibatkan 200 orang dari berbagai komunitas dan relawan pecinta lingkungan hidup, Linmas, Tim Katak, KP2C, Reptil Bekasi Kereen dan lainnya.

Terkait keberadaan TPS liar di lingkungan RW 10 tersebut sudah berlangsung sejak tahun 2013. Pernah ditertibkan pada 2018 untuk dijadikan sebagai lokasi Bank Sampah.

Lihat juga...