G30S PKI, PAREGREG, DAN EKSPANSI KEKAISARAN CINA

Oleh: Abdul Rohman

Mengacu telaah Victor M Fic, bisa dikatakan peristiwa kudeta PKI 1965 merupakan perulangan proyek Paregreg (perang saudara Majapahit). Motifnya sama. Kendali kekuasaan nusantara melalui proyek disisntegrasi (perang antar elemen nusantara). Aktornya sama. Kekaisaran / penguasa RRC.

Lantas bagaimana kita seharusnya memaknai G30S/PKI yang kita peringati setiap tahun itu?.

Pertama, peristiwa itu merupakan pelajaran bagi bangsa Indonesia untuk setia dan bangga pada idiologi bangsanya. Idiologi yang kuat merupakan penyangga tegaknya sebuah peradaban besar. Kuatnya kedaulatan nusantara salah satunya ditentukan pada kesetiaan warganya terhadap idilogi bangsanya.

Kedua, bangsa Indonesia harus menyadari bahwa keberadaannya dalam kepungan beragam kepentingan global yang setiap saat bisa jadi akan memunculkan benturan geopolitik. Indonesia harus memiliki early warning system dalam mengantisipasi potensi benturan geopolitik. Sebuah konsep yang harus dipahami dan dimengerti oleh segenap warga negara. Apa yang menjadi HTAG (Hambatan-Tantangan-Ancaman-Gangguan) bagi bangsa Indonesia dari masa lalu-sekarang dan masa mendatang. Pemahaman itu akan terus menjaga kesiapan bangsa ini dalam menghadapi kemungkinan perulangan benturan politik.

Selebihnya bisa dibaca dalam buku, “G30S/PKI: Soekarno-Soeharto Berenang di Antara Dua Karang”. Bisa didapatkan di market place “Kemang Book Store” dalam link

Lihat juga...