Prosesi Pindah Rumah Danny Rukmana Gunakan Adat Jawa Sarat Makna

Saat keluar dari rumah lama, proses menyapu  dengan mengunakan sapu lidi untuk membersihkan jalan agar perjalanan menuju k rumah baru lancar, tanpa ada halangan.

Lebih lanjut dijelaskan Sofia, kegiatan menyapu dengan sapu lidi ini merupakan penggambaran untuk mengusir segala kotoran, baik fisik maun non fisik.

Dalam prosesi  menyapu ini, Raiyah menggendong bakul berisi benih atau biji beras, padi-padian dan kacang hijau. Sepanjang perjalanan menuju rumah baru, Raiyah menaburkan benih dan biji-bijian tersebut.

Prosesi ini mengandung arti agar penghuni rumah baru memiliki keturunan yang baik. Juga memiliki ide cemerlang dalam mengapai kebahagiaan bahtera rumah tangga.

Sedangkan Danny Rukmana membawa kendi berisikan air. Air kendi ini dikucurkan sekeliling rumah baru. Dimaksudnya untuk membuat sejuk rumah baru yang akan ditempati.

Danny Rukmana dan Raiyah dengan didampingi Tutut Soeharto dan Indra Rukmana serta keluarga besar menjalani prosesi pindah rumah baru adat Jawa di Jl.Yusuf Adiwinata, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (12/2/2024). Foto: istimewa.

Saat Danny Rukmana mengucurkan air di sekililing rumah, Raiyah mendampingi dengan menaburkan beras, padi-padian dan biji-biji.

“Proses ini tujuannya adalah agar rezeki senantiasa mengalir masuk ke dalam kediamanmu. Kendi isi air bermakna sumber rejeki, pengadem, dan pengayom supaya dingin. Lampu (cempor) bertujuan agar senantiasa memperoleh pencerahaan dalam hidup,” jelasnya.

Selanjutnya, Danny Rukmana menanam penolak energi negatif di empat penjuru rumah baru. Ini diharapkan rumah tangga bisa memberikan kesejukan dan kebahagiaan dalam kehidupannya.

Lihat juga...