Pangkep Berdaulat Pangan Bersama Pemimpin Milenial Muhammad Saleh Pattola

Dalam aspek kebijakan perdagangan, visi Saleh Pattola akan membawa pemerintah untuk  mendorong persaingan pasar domestik yang sehat, bebas dari praktik monopoli, kartel, barriers to entry, diskriminasi harga, penyalahgunaan posisi dominan, dan sebagainya. Kedua, pemerintah perlu mendorong penggunaan produksi dalam negeri (Indo-Inc.), terutama dalam pengadaan barang dan jasa oleh pemerintah dan BUMD. Ketiga, pemerintah perlu mempermudah arus ekspor produk domestik dan impor barang modal, terutama melalui kawasan industri. Keempat, pemerintah Pangkep perlu melakukan promosi dan proteksi produk domestik di pasar internasional.

Strategi ketiga Saleh dalam membangun Pangkep adalah membuat Kebijakan Peningkatan mutu SDM dan Digitalisasi Agroindustri. Dalam aspek mutu SDM, pemerintah Pangkep perlu meningkatkan mutu SDM (melalui vocational training dan Kewirausahaan), termasuk kepada Petani, Nelayan, Perajin, UMKM, Buruh, dan sebagainya, melalui kerjasama/konsorsium antara pemerintah, industri, dan perguruan tinggi.

Kedua, perlu peningkatan jumlah wirausaha muda melalui pembangunan Taman Industri (Industrial Park), Teknopark, dan Pusat Inkubator. Ketiga, mendorong regenerasi petani dengan memberi insentif kepada generasi milenial, setidaknya ribuan pemuda(i) per tahun dengan membangun modernisasi pertanian dan menerapkan pertanian yang berbasis teknologi maju.

Dalam aspek ketenagakerjaan, Saleh akan berupaya memberikan jaminan penyediaan hak–hak dan kewajiban pekerja berbasis produktivitas dan kelayakan hidup. Kedua, pemerintah perlu memelihara hubungan industrial yang kondusif. Ketiga, pemerintah perlu meningkatkan peranan koperasi karyawan di setiap perusahaan industri guna mendukung peningkatan kesejahteraan pekerja.

Lihat juga...