Browsing Tag: "dzikir"

dzikir

Memperbanyak Dzikrullah

Rasulullah Muhammad saw dalam berbagai kesempatan, sebagaimana terdapat dalam sejumlah hadits beliau menekankan arti penting kedudukan dzikir ini, serta telah memberikan contoh dalam pelaksanaannya untuk diikuti oleh para kaum muslimin.

Fakir dan Sabar

Orang beriman dengan sikap fakir dan sabar,  memakaikan pakaian terlebih dahulu kepada nuraninya, baru hatinya, baru akalnya, baru tubuhnya.

Pertolongan Allah

Tidaklah seorang hamba, mengucapkan kalimat istighfar, memanjatkan doa, melainkan karena Allah yang telah memberikan kalimat tersebut baginya, agar dengan kalimat itu ia "kembali" (inabah) kepada-Nya.

Menghidupkan Hati yang Mati

Allah menghidupkan "hati yang mati" dengan cahaya hikmah seperti Dia menghidupkan tanah yang mati dengan air hujan. Sifat dasar dari hati itu adalah senantiasa menyatakan kebenaran, dan sebaliknya menolak hal-hal yang tidak benar.

Nikmat Terbesar

Nama Allah swt, tidak dapat dibandingkan dengan nama-nama makhluk-Nya. Nama Allah swt., hanya bisa disebut oleh mereka secara benar, secara kontinu oleh mereka yang Allah kehendaki, yang Allah izinkan baginya.

Menghidupkan Malam

Proses pelimpahan cahaya Ilahi dalam serangkaian aktivitas menghidupkan malam, yang dilakukan secara kontinu, meningkatkan kualitas himmah, sebagai akibat dari bertambahnya kapasitas atau meningkatnya kualitas ruhiyah yang dimiliki.

Evolusi Ruhaniah

Ruh yang telah tersucikan di alam batin akan melanjutkan perjalanannya naik ke alam sulthan atau masuk ke dalam fuad (lubuk hati), yang malaikat maupun iblis tidak dapat memasuki alam ini.